Fakta-Fakta Singapore Airlines

Posted on December 2, 2020 in Main

Perusahaan penelitian kekayaan berbasis di Afrika Selatan, yaitu New World Wealth belum lama ini mereka berhasil merilis hasil survei yang telah dilakukan pada lebih dari 800 miliarder yang adaseluruh dunia. Salah satu dari hasil surveinya menyebutkan penerbangan paling favorit di antara para miliarder yang ada di seluruh dunia adalah Singapore Airlines. Apa sebenarnya keistimewaan dari maskapai ini?

Fakta-Fakta Singapore Airlines

Bisa dikatakan jika maskapai penerbangan ini merupakan salah satu dari maskapai yang telah berhasil bertahan mengudara selama beberapa dekade terkahir. Bukan hanya sembarang maskapai, Singapore Airlines adalah sebuah perusahaan global yang memang didedikasikan untuk menyediakan sebuah jasa transportasi udara kualitas tertinggi bagi penumpang dan memaksimalkan kebutuhan dan kepentingan dari para pemegang saham dan karyawan.

Sejarah

Singapore Airlines dulunya merupakan sebuah bagian dari Malaysia Airlines. Pada 16 September 1963 Federasi Malaysia kemudian sebuah maskapai yang dikenal dengan nama Malaysia Airways Limited. Pada Mei 1966 menjadi Malaysia-Singapore Airlines (MSA). Kemudian pada tahun 1972, MSA dibagi menjadi dua perusahan baru, yaitu Singapore Airlines dan maskapai Malaysia.

Singapore Airlines kemudian pindah ke Bandara Changi Singapura dari Paya Lebar pada tanggal 1 Juli 1981. Dua tahun kemudian, Singapore Airlines berkantor pusat di pusat Udara Changi. Pada tahun 1989 , Singapore Airlines menjadi salah satu maskapai pertama yang mengoperasikan sebuah pesawat B747-400 pada penerbangan komersial di Pasifik.

Rute & tujuan

Singapore Airlines adalah maskapai yang mengoperasikan pesawatnya dari Bandara Internasional Changi Singapura. Dari rute tersebut terbang menuju 65 destinasi di 35 negara. Pada Februari 2004, Singapore Airlines menjadi maskapai pertama yang berhasil menetapkan rekor dunia terpanjang, sebagai maskapai penerbangan non-stop komersial dari Singapura ke Los Angeles. Pada Oktober 2006, Singapore Airlines berhasil meluncurkan sebuah paket komprehensif, yaitu sebuah produk kabin generasi baru terluas pertama di dunia.

Pada 15 Oktober 2007, Singapore Airlines berhasil mengambil sebuah pengiriman A380 pertama di dunia yang berlokasi di markas Airbus di wilayah Toulouse. Dan pada Mei 2008, Singapore Airlines berhasil menciptakan sejarah lagi, dengan menjadi operator pertama yang berhasil mengoperasikan layanan kelas bisnis antara Asia dan juga Amerika Serikat. Dengan peluncuran semua rute bisnis kelas non stop dari Singapura ke New York (Newark). Tiga bulan kemudian, pada bulan Agustus 2008, maskapai ini juga berhasil memperkenalkan layanan non-stop kelas bisnis dengan tujuan Los Angeles, AS.

Maskapai Singapore Airlines mempermudah para penumpangnya mendapatkan tiket penerbangan. Untuk bisa mendapatkan sebuah tiket pesawat Singapore Airlines, maka anda dapat membelinya dengan beberapa pilihan yang tersedia dalam bentuk offline maupun juga online. Anda juga dapat langsung membeli tiketnya secara offline di beberapa agent-agent travel yang memang menyediakan tiket Singapore Airlines. Atau jika anda memilih secara online Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi situs resmi dari maskapai Singapore Airlines atau situs travel dari beberapa agent online seperti Traveloka.

Insiden & Kecelakaan

Singapore Airlines adalah maskapai yang memiliki rekor terbang aman hingga tahun 1990, tetapi terdapat dua peristiwa kelam yang juga menimpa maskapai yang satu ini setelah tahun tersebut. Singapore Airlines pada maskapai 117 pernah dibajak militan Pakistan pada tahun 1991. Pasukan khusus kemudian berhasil merebut kembali pesawat tersebut.

Pada tahun 2000, Singapore Airlines pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan 83 penumpang tewas. Singapore Airlines adalah sebuah maskapai yang berhasil menyandang gelar sebagai maskapai terbaik yang ada di dunia pada tahun 2018. Selain beberapa fakta tentang sejarah panjang Singapore Airlines, beberapa hal -hal berikut ini yang membuat Singapore Airlines menyandang predikat sebagai maskapai terbaik di dunia.

Kru Kabin Berpengalaman

Kru kabin selalu jadi penentu kenyamanan dari sebuah perjalanan. Sekadar informasi, jika kru kabin Singapore Airlines dibina dalam pelatihan intensif selama empat bulan penuh. Durasi tersebut dua kali lipat lebih lama dibandingkan dengan kru maskapai lainnya.

Pelatihan tersebut meliputi tata cara menyajikan sebuah makanan, menghadapi penumpang, serta etika dan juga beberapa pengetahuan mengenai kebudayaan dari berbagai penumpang yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Inggris sampai dengan Tiongkok. Para kru kabin Singapore Airlines juga bersikap layaknya sebagai tuan yang rumah yang ramah dan menyambut para penumpang sebagai tamu agung.

Makanan Lezat Dimasak Langsung

Tentunya sudah bukan rahasia lagi jika makanan akan terasa hambar jika disajikan di pesawat. Karena indera perasa juga akan terkena dampak dari ketinggian. Bisa anda bayangkan jika mulut sudah hambar, tetapi malah disajikan beberapa makanan kaleng. Oleh karena itu, Singapore Airlines salah satu maskapai yang berkomitmen untuk menyajikan menu terbaik bagi mereka para penumpangnya. Semua menunya juga dirancang oleh delapan chef terkenal dunia, salah satunya Matt Moran dari Australia.

Mulai dari pemilihan bahan masakan yang akan disajikan, penyimpanan makanan, hingga penyajiannya, semuanya dilakukan dengan sebuah presisi agar tidak hanya makanan lezat yang dinikmati penumpang. Anda nantinya juga bisa memesan makanan bahkan sebelum naik pesawat.

Kursi Nyaman, Perjalanan Tenteram

Baik sedang liburan ataupun sedang dalam perjalanan dinas, kursi yang nyaman menjadi sebuah keharusan karena pasti anda ingin turun dari pesawat dalam keadaan segar. Singapore Airlines adalah maskapai yang berpengalaman dalam penerbangan long haul, mereka yang paham betul soal kebutuhan tersebut. Bahkan jika anda terbang dalam kelas ekonomi, ruang kaki nantinya masih cukup lebar untuk berselonjor meski kursi anda dimiringkan.

Jika ingin ruangan yang lebih besar, anda bisa upgrade ke kelas Premium Economy. Kursi yang terdapat di kelas ini punya lebar 50 cm. Jika masih kurang lebar, tentu anda bisa upgrade ke kelas Business atau First Class. Untuk First Class, perjalananan anda nantinya dijamin akan super nyaman dengan kursi selebar 88 cm dengan jok kulit yang dapat diubah menjadi sebuah kursi flat yang dilengkapi dengan partisi kursi untuk menjamin privasi anda dalam perjalanan. Selain itu, armada Boeing 777-300ER terbaru ini sudah siap membawa anda terbang dengan nyaman ke mana pun.

Terbang Lewat Changi

Bandara Changi Singapura berhasil terpilih sebagai bandara terbaik di dunia, versi Wanderlust Reader Travel Awards. Untuk sebuah perjalanan jarak jauh, tidak jarang anda harus transit dalam waktu yang cukup lama. Di Changi, waktu seakan berjalan dengan begitu cepat. Pasalnya, di sini kamu tidak akan merasa seperti di bandara karena Changi lebih mirip seperti sebuah mal yang menyenangkan.

Ada lounge, serta arena bermain anak, ini bisa berguna untuk anda yang sudah punya anak dan agar nantinya tidak bosan selama menunggu penerbangan selanjutnya. Fitur paling menarik yang ada di Changi adalah enam taman dan kolam ikan koi yang sangat Instagramable dan akan membuat anda lupa waktu saking indahnya pemandangan di dalam bandara tersebut.

Demikian itulah beberapa fakta menarik tentang maskapai Singapore Airline. Maskapai tersebut berhasil terpilih sebagai maskapai terbaik di dunia, dan memang untuk kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.