Fakta Menarik tentang Maskapai Garuda Indonesia

Posted on December 3, 2020 in Main

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan pertama dan juga merupakan sebuah maskapai terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Garuda Indonesia juga mendapatkan beberapa penghargaan sebagai maskapai penerbangan berbintang 5. Hasil ulasan yang dimuat oleh Skytrax, dimana dari 420 maskapai penerbangan di dunia, Garuda Indonesia ternyata menjadi salah satu dari maskapai penerbangan yang paling dicintai oleh para penumpangnya. BUMN penerbangan ini dinilai juga paling memberikan kenyamanan dengan skor sekitar 85 persen.

Fakta Menarik tentang Maskapai Garuda Indonesia

Untuk dapat memberikan sebuah penilaian tersebut, Skytrax yang meminta para pengguna maskapai di dunia untuk memberikan penilaian mereka ke maskapai berdasarkan dengan delapan kategori di Antara seperti : kategori kenyamanan tempat duduk, layanan di dalam kabin, makanan dan juga minuman yang disajikan, hiburan selama penerbangan, ketersediaan dari Wi-Fi, layanan bandara, serta manfaat dibanding uang yang dikeluarkan oleh penumpang (value for money).

Dalam penilaiannya tersebut, Skytrax menurut pada 80 maskapai paling dicintai. Urutan pertama,ditempati oleh Garuda Indonesia dengan skor 85 persen. Disusul Asiana Airlines dengan skor 83 persen. Lalu, maskapai EVA Air yang berada di urutan ketiga dengan perolehan 81 persen. Dalam artik keli ini kami akan membahas beberapa fakta-fakta menarik mengenai Garuda Indonesia yang mungkin belum anda ketahui.

Garuda Indonesia Maskapai Terbaik di Region Asia Tahun 2013

Garuda Indonesia berhasil terpilih menjadi maskapai terbaik yang ada di wilayah Asia dan juga wilayah Australia selama 2 tahun berturut-turut dari Airline Passenger Experience Association atau sebuah peningkatan maskapai penerbangan. Garuda Indonesia juga berhasil terpilih sebagai pemenang penghargaan “Passenger Choice Awards 2014” dalam kategori “Best in Region : Asia and Australasia” Pada tahun sebelumnya maskapai penerbangan yang satu ini juga berhasil meraih penghargaan yang sama. Dalam ajang tersebut Garuda Indonesia yang berhasil mengungguli beberapa maskapai terkenal lainya seperti Korean Air, EVA, Cathay Pacific Airways, dan juga Singapore Airlines.

Garuda Indonesia Maskapai Penerbangan Terbaik ke-8 di Dunia

Dalam penilaian yang dilakukan oleh SkyTrax World Airline Awards, yaitu penghargaan yang bisa dibilang paling bergengsi bagi para maskapai penerbangan di dunia. Salah satu penghargaan yang paling ditunggu dari SkyTrax Airline Awards 2015 lalu yaitu ‘The world’s Top 10 Airlines of 2015’ Pada ajang tersebut Garuda Indonesia yang berhasil masuk ke dalam 10 maskapai terbaik yang ada di dunia, dengan berada di peringkat 8.

Garuda Indonesia Mempertahankan Gelar “World’s Best Cabin Crew”

Selain maskapai Garuda Indonesia ini berhasil masuk dalam ‘The world’s Top 10 Airlines of 2015’, Garuda Indonesia juga berhasil meraih kategori penghargaan “World’s Best Cabin Crew”. Penghargaan tersebut didasarkan pada ‘Customer Satisfaction Survey’ yang dilakukan oleh Skytrax.

Survei tersebut dilakukan secara global dan melibatkan lebih dari 18 juta penumpang. Hal ini yang membuktikan, bahwa Garuda Indonesia dapat mempertahankan reputasinya sebagai salah satu maskapai dengan awak kabin terbaik yang ada di dunia, mengingat Garuda Indonesia juga mendapatkan sebuah penghargaan dalam kategori yang sama pada tahun 2014 lalu.

Menjadi Sub Sponsor Liverpool FC

Tidak banyak perusahaan Indonesia yang pernah bekerja sama dengan klub raksasa seperti halnya Liverpool, bahkan dapat dibilang hanya maskapai Garuda Indonesia saja yang berhasil melakukannya. Jika anda merupakan para penggemar liga inggris pasti sudah mengetahuinya. Kerjasama antara Garuda Indonesia dan juga Liverpool ini merupakan sebuah strategi Garuda Indonesia untuk meningkatkan brand awareness-nya pada tingkat dunia, mengingat Liverpool ini adalah satu klub sepakbola dengan fans terbanyak di dunia.

Maskapai Penerbangan Pertama yang Bergabung SkyTeam

SkyTeam sendiri merupakan sebuah aliansi yang beranggotakan maskapai-maskapai besar di dunia. SkyTeam mengembangkan ruang lingkupnya hingga ke wilayah Asia Tenggara melalui maskapai Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia anggota SkyTeam yang ke-20

Tidak semua maskapai penerbangan dapat bergabung dan juga menjadi anggota s128 sabung ayam dari SkyTeam, hanya maskapai-maskapai peerbangan terbaik dan terpilih saja yang dapat menjadi anggota SkyTeam.

\Mendapat Penghargaan “World Best Economy Class”

Selain berhasil mendapat sebuah penghargaan sebagai ‘The world’s Top 10 Airlines of 2015’ dan “World’s Best Cabin Crew”dari aliansi SkyTrax, Garuda Indonesia juga pernah mendapat sebuah penghargaan “World Best Economy Class” dan “World Best Economy Seat Class” yang didapatkan tahun 2013.

Hal ini tentu merupakan sebuah kebanggan tersediri bagi Garuda Indonesia, mengingat mereka bisa mengalahkan beberapa maskapai besar yang pada tahun sebelumnya berhasil mengungguli Garuda Indonesia seperti Singapore Airlines, Asiana Airlines, dan juga Qatar Airways.

Perusahaan Garuda Indonesia Perusahaan yang Paling Banyak Menggunakan Fokker F-28

Pesawat Fokker tipe F-28 merupakan sebuah pesawat yang bisa dibilang cukup sukses di dalam dunia operasionalisasi. Pesawat tersebut diketahui memiliki kapasitas penumpang sebanyak 48-56 penumpang, dengan kecepatannya jelajahnya 518 km/jam. Ada sekitar 62 pesawat Fokker F-28 dalam 3 versi yang juga pernah dioperasikan oleh Garuda Indonesia sejak tahun 1971 hingga tahun 2001. Dioperasikannya pesawat Fokker F-28 pada masa tersebut juga berhasil melengkapi kekuatan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

CEO Garuda Indonesia Rela Membersihkan Toilet

Dalam dunia penerbangan nama Emirsyah Satar ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Prestasinya yang sudah diakui di Indonesia dan juga mancanegara. Banyak penghargaan yang juga telah berhasil diraihnya. Beberapa diantaranya adalah penghargaan “APAC Airline Executive of the Year 2014” dan “The CNBC 2013 Travel Business Leader Award Asia Pacific”

Emirsyah Satar yang mengatakan bahwa penghargaan-penghargaan tersebut adalah sebuah hasil kerja kerasnya selama ini. Bahkan CEO Garuda Indonesia yang satu ini juga rela membersihkan toilet pesawat hanya untuk memberikan contoh terhadap anak buahnya. Seperti pada pernyataan Emirsyah Satan bahwa dirinya selalu memberikan contoh kepada anak buah sehingga tidak ada alasan bahwa atasan hanya orang-orang yang ngomong saja. Dirinya bahkan pernah juga membersihkan sebuah toilet pesawat, pemain tidak hanya bicara action.

Garuda Indonesia 1 dari 4 Maskapai Indonesia yang Boleh Terbang ke Eropa

Komite Keselamatan Udara Uni Eropa baru mengeluarkan sebuah daftar maskapai dunia yang boleh terbang di langit eropa. Indonesia merupakan salah satu dari negara yang masuk penilaian tersebut. Puluhan maskapai penerbangan Indonesia memang dilarang terbang di kawasan Uni Eropa.

Di saat puluhan maskapai Indonesia tidak diperbolehkan terbang di wilayah Eropa karena alasan keselamatan, Garuda Indonesia justru menjadi salah satu maskapai yang diperbolehkan untuk terbang di Eropa. Selain Garuda Indonesia, ada 3 maskapai lain yang juga diperbolehkan untuk terbang di kawasan Eropa yaitu Airfast Indonesia, Indonesia AirAsia, dan juga Premi Air.

Demikian itulah beberapa fakta tentang maskapai Garuda Indonesia. Garuda Indonesia adalah maskapai kebanggan Indonesia yang berhaisl menorehkan banyak sekali prestasi luar biasa yang membanggakan. Sudah sepatutnya kita bangga dengan prestasi tersebut.